Kamu Jatuh Cinta? Lakukan 4 Hal Berikut ini

Konten [Tampil]

Bukan hal yang aneh jika saya sebagai guru, sering dihadapkan dengan para siswa yang sudah mulai menyukai lawan jenisnya atau sedang jatuh cinta. Tentu situasi ini harus disikapi secara responsif dan bijak, karena disatu sisi ini adalah hal yang wajar dan manusiawi, tetapi disisi lain jika kita tidak memberikan pemahaman yang tepat kepada mereka bagaimana cara mengelola rasa itu, tentu situasinya akan kurang baik bagi mental mereka.

jatuh Cinta


Tentu tidak ada yang salah dari kalian wahai para siswa, jika kalian sudah mempunyai rasa cinta terhadap lawan jenis. Namun, sudah siapkah kalian dengan konsekuensinya? dan sudah tahu bagaimana cara mengelola rasa itu agar menjadi nilai positif buat kalian?

Mengutip dari postingan instagram miliknya @fikrisuhardi, berikut hal-hal yang perlu kalian fahami dan mengerti apabila kalian sedang jatuh cinta atau sedang berpacaran :

1. Anugrah yang Mesti Dijaga

Hal pertama yang mesti dilakukan adalah. bersyukur bahwa Allah telah memberikan anugrah rasa yang mesti dijaga. Jangan sampai ternoda dengan hal-hal yang membuat kita tidak bernilai kedepannya.

2. Kamu Berharga, Jaga Harga Dirimu

Jadikan momen ini sebagai pengalaman mengelola dan mengolah rasa suka terhadap lawan jenis. Menjaga harga diri dengan tetap memegang prinsip bahwa salah satu menghormati lawan jenis adalah dengan menjaganya dari ketidakbaikan dalam hubungan antara laki-laki dan perempuan.

3. Tingkatkan Value Diri

Kamu harus menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri. Ketika rasa suka terhadap lawan jenis itu muncul, pikirkanlah tentang value dirimu. Sudah seberapa baik dalam mengelola waktu? sudah seberapa matang pola pikir dalam menghadapi masalah? sudah seberapa kuat mengelola emosi dari setiap kejadian yang muncul?

4. Pikirkan Resiko Jatuh Cinta Berlebihan

Tak banyak yang berfikir bahwa resiko jatuh cinta berlebihan adalah benar-benar jatuh, rapuh karena patah hati, sakit hati, atau dihianati. Bisa jadi memang kalian belum waktunya dan pertanda bahwa harus sadar dan mempersiapkan diri lebih matang lagi.

Apa yang saya kutip dari @fikrisuhardi ini mudah mudahan bisa dipahami dan dimengerti oleh mereka yang hari ini sudah mulai jatuh cinta terhadap lawan jenis. Selalu berpikir positif dan selalu bersikap kritis dan bijak.

2 komentar: